Selasa, 12 Februari 2013

Obama Siap Buka Perdagangan Bebas AS-Uni Eropa


Washington - Presiden AS Barrack Obama menyatakan siap membuka pembahasan perdagangan bebas antara Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa. Jika rencana terlaksana dan disetujui, maka akan menjadi zona perdagangan bebas terbesar di dunia.

"Malam ini saya umumkan, kami akan melakukan pembicaraan guna membahas secara menyeluruh soal perdagangan antar benua dan kerjasama investasi bersama Uni Eropa. Hal ini dilakukan karena perdagangan yang bebas akan menyokong lapangan pekerjaan di AS," kata Obama dalam pidatonya dikutip AFP, Rabu (13/2/2013).

Pernyataan ini merupakan jawaban yang paling dinanti-nanti oleh banyak negara yang tergabung di Uni Eropa. Diharapkan, dengan adanya perdagangan bebas ini nilai transaksi antar kedua benua, yang tahun lalu mencapai US$ 646 miliar, bisa makin meningkat.

Obama mengaku akan fokus kepada perdagangan bebas antara AS dan Uni Eropa ini sampai terlaksana dengan baik. Menurutnya, hal ini sangat mendesak dilakukan.

"Sangat penting untuk mendorong ekspor, menciptakan lapangan kerja dan menyetarakan posisi dengan negara-negara berkembang di Asia," imbuhya.



salin : http://finance.detik.com/read/2013/02/13/101822/2168644/4/obama-siap-buka-perdagangan-bebas-as-uni-eropa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar